Mahasiswa Unusa dalam Generasi Aswaja An-nahdliyah

 Pemateri : Dr.KH.Reza Ahmad Zahid,Lc.,M.A

Tema :Mahasiswa Unusa dalam Generasi Aswaja An-nahdliyah


Pengertuan Ahlus sunnah wal jama’ah 

sunnah secara bahasa suatu jalan walaupun tidak diridhlai.

Jamaah adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran yang berdasarkan al-qur’an dan hadits,dan merekan adalah para sahabat dan orang-orang setia mengikuti mereka(tab’iin)walaupun jumlah mereka sedikit.

Ahlus sunnah wal jamaah adalah golongan yang berpegang teguh dengan al-qur’an dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan islam.Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rosyl,tabi’in,tabi’it tabi’in,kaum ulama sunnah dan para pengikut mereka.

Nahdlatul ulama adalah sebuah organisasi agama islam yang mengikuti paham ahlus sunnah wal jamaah dan terbentuk pada 16 Rojab 1344/31 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren,pendirinya adalah KH.HASYIM ASY’ARI beserta para kyai yang lainnya seperti KH.ABDUL WAHAB HASBULLAH,KH.BISRI SYANSURI,KH.RIDWAN ABDULLAH,KH.MAS ALWI ABDUL AZIZ,dan lain sebagainya.

NU merumuskan aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalm berakidah mengikuti salah satu dari dua imam:imam al-asy’asru dan al-maturidi,dalam mazhab fiqih:imam hanafi,imam maliki,imam syafi’i dan imam hambali,dalam bidang tasawuf mengikuti:imam al-junaidi dan imam al-ghazali.


kunjungi website resmi Unusa:https://unusa.ac.id/

Kunjungo blog teman saya: https://hnfindar.blogspot.com/2023/09/generasi-aswaja-anahdliyah-di-era.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pelayanan ULC

pembayaran

TRADISI MALAM SELAWE DI GRESIK