MATERI 6 PKKMB UNUSA

 Pemateri :Hafid Algristian,dr.,Sp.KJ

Tema:Mahasiswa UNUSA berintelektual dengan anti kekerasan seksual,Anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik.


Generasi Rahmatan Bil Alamin.  Apa sih artinya rahmat bagi seluruh alam?  Kita menjadi rahmat,  kita menjadi kegembiraan,  kita menjadi sebuah kabar kembira,  kita menjadi penyebar kebahagiaan buat orang lain.  Dan bukan kesedihan,  bukan kemarahan,  bukan perbedaan yang kita tonjolkan, tapi bagaimana mencari simileriti atau persamaan.

Penyekatan emosi itu adalah Langkah pertama Untuk kehilangan empati kepada orang lain.  Penyekatan emosi yang paling sederhana.  Kalian kemudian ketika melakukan bagi sosial.  Atau menggunakan ngasih seseorang lah.  Ngasih orang yang mungkin keadaannya lebih inferior.  Lebih kurang daripada kita. 

Social bullying itu ketika kita digosipkan oleh seseorang,  sehingga orang lain juga ikut membenci kita tanpa tahu dasarnya.  Kan sering terjadi kayak gitu,  kita lagi tahu nih ada teman si A dan si B ini lagi bermasalah.  Tapi terus kemudian si A ini berusaha buat cari bolo,  Misalnya kayak kemudian dia itu bilang gini sih,  misalnya saya bilang gini,  aku biasa aja kok sama dia selama nggak ada masalah ya nggak usah,  nggak, nggak, aku nggak.  Ya biasa aja sama dia,  nggak ada masalah sama dia.  Karena kita memilih bersikap netral,  seringkali pelaku itu justru akan membenci kita gitu loh.  Dan kemudian dia akan cari teman lain dan bilang bahwa saya sama si B itu lagi boloan gitu kan.  Jadi sebenarnya dia itu sedang,  itu namanya social bullying teman-teman sekalian,  sedang berupaya melakukan isolasi sosial. Ada rumor,  ada gosip,  ada fitnah.  Nah ternyata si temen kita tadi itu berkesempatan untuk melawan,  ya.  Dia mungkin dibukakan jalan untuk melakukan perlawanan dan dia bilang ternyata musuhnya tidak segala itu.  Tapi kita bisa lihat bahwa sebenarnya yang dia lakukan itu bukan cuman melawan secara verbal atau fisik dan segala macam,  enggak.  Tapi kemudian dia tambahkan kalimat,  ada namanya,  dia istilahkan ternyata dia nggak bisa apa-apa. Berarti kan dia sudah level kemampuannya sudah lebih naik daripada mumpulinya dia.Dan kalau kayak gini kan skornya sudah 2-0 ya teman-teman sekalian,  ya.  Kenapa?  Karena kita stand still,  maksudnya kita tetap berdiri,  nggak goya gara-gara dihujungkan seperti itu.  Dan kemampuan kita,  skill kita berkembang.  Sehingga kemudian ada pepatah mengatakan the best revenge is to living well.Balas dendam terbaik adalah dengan berkehidupan yang lebih baik. 


Berikan pujian terbaik kepada temen kita dengan pujian yang tulus,  ikhlas,  dan itu kita simpen aja nggak apa-apa.  Karena esensinya, esensinya berdoa kepada saudara kita meskipun dia tidak tahu itu pahalanya bisa berlima-lima.  Dan ternyata dari situ bisa melukutkan hati kita dan memudahkan kita berempati kepada orang lain. 

kunjungi website resmi Unusa:https://unusa.ac.id

lihat blog teman saya :https://kokoykoyimah22.blogspot.com/2023/09/mahasiswa-unusa-berintelektual-dengan.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pelayanan ULC

pembayaran

TRADISI MALAM SELAWE DI GRESIK